Blogger

Jumat, 16 Desember 2011

Refleksi kelompok 5 & 6

Hasil Refleksi Kelompok 5
Faktor Edafik (Tanah)
Pada presentasi kali ini disajikan oleh kelompok 5 yang terdiri dari Neni, Susan Aminah, Ayun, dan Ilham. Bahasan dan cara penyajian dari kelompok ini cukup menarik, lebih baik dari kelompok yang presentasi minggu lalu. Tampilan power point sudah bagus yang disertai gambar-gambar yang relevan dengan materi yang dibahas.
Pada diskusi presentasi ini muncul pertanyaan dari Dimas tentang kandungan tanah pada profil horizon O,A,E,B,C dan R. pada presentasi telah dijelaskan kandungan pada masing-masing horizon itu berbeda-beda. Pada horizon A tanah mengandung banyak humus, horizon E mengandung silikat, besi, alumunium, Horizon B mengandung besi, horizon C terdiri dari sedimen batu-batuan, dan yang terakhir adalah horizon R yang tidak mengandung mineral hanya bebatuan keras.
Pertanyaan berikutnya dari Indri: Mengapa semakin ke bawah lapisan tanah semakin sedikit organismenya?. yang kemudian di jawab oleh pemateri yaitu karena unsure mineral tanah semakin sedikit untuk kelangsungan hidup organism. Akar tumbuhan hanya bisa menembus terbatas pada horizon E.
Kemudian muncul lagi pertanyaan dari Hatta, sampai horizon berapa air dapat menembus? Dijawab oleh neni yaitu sampai pada horizon B. Merasa kurang puas dengan jawaban dari pemateri, Hendy unjuk tangan untuk menaggapi jawaban neni. Menurut hendy air dapat menembus tanah dipengaruhi oleh struktur tanahnya juga. Ada lapisan tanah yang kedap air yaitu pada horizon C dan R yang terdiri dari batu-batuan sehingga air tidak dapat menembus.
Dari presentasi ini saya bisa menambah pengetahuan tentang struktur tanah dan kandungan-kandungan yang ada pada tanah. Selain itu tanah merupakan unsure penting bagi kelangsungan hidup tumbuhan.

Hasil Refleksi Kelompok 6
Populasi
Materi ini disampaikan oleh kelompok 6 yang terdiri dari Siti, Berlian, Fitri dan Risa. Sebagai pembuka dijelaskan oleh Siti tentang konsep spesies taksonomi dan ekologi. Saya kurang memahami penjelasan dari Siti karena hanya terpaku pada power point saja. Sehingga tidak ada pengembangan materi selain yang dibaca pada power point tersebut. Padahal masih banyak kajian-kajian yang bisa dijelaskan, tidak terbatas pada definisinya saja.
Penampilan keseluruhan dari kelompok ini sudah bagus, tetapi perlu diperhatikan untuk pemateri dalam presentasi agar tidak hanya membaca power pointnya saja. Penjelasan grafik oleh fitri sudah sesuai. Yaitu grafik eksponensial yang membentuk huruf J dan grafik sigmoid yang membentuk grafik S.
Pada sesi Tanya jawab saya (dista) mengajukan pertanyaan tentang grafik yang dijelaskan oleh fitri. Factor apa yang menyebabkan terjadinya grafik membentuk huruf J dan huruf S? pertanyaan dijawab oleh fitri : pada grafik eksponensial dipengaruhi oleh kelahiran tumbuhan yang terus meningkat sampai adanya factor pembatas yang menyebabkan kematian tumbuhan. Sehingga grafik membentuk huruf J yang artinya pertumbuhan terus meningkat. Sedangkan pada grafik sigmoid: pertama terjadi pertumbuhan tumbuhan yang lambat yang dipengaruhi oleh lingkungan yaitu persaingan individu. Kedua jika kondisi lingkngan mendukung maka terjadi petumbuhan lagi dengan natalitas tertentu sampai pada bertemu lagi kondisi lingungan yang tidak mendukung dan terjadi kematian (mortalitas) tumbuhan. Pertumbuhan yang naik turun ini menyebabkan terjadi grafik yang membentuh huruf S.

Prediksi : untuk presentasi kelompok berikutnya diharapkan agar tampil untuk lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar