Blogger

Minggu, 11 Desember 2011

Refleksi Ekologi Tumbuhan

Refleksi Kelompok 3
(PENGARUH CAHAYA DAN SUHU TERHADAP PROSES PERTUMBUHAN TANAMAN(LINGKUNGAN ABIOTIK)
Kelompok yang presentasi hari ini dimulai dari kelompok 3 yang membahas tentang Lingkungan Abiotik Dan Biotik. Sebenarnya sudah sering dibahas tentang lingkungan biotic dan abiotik, tapi dalam presentasi ini kelompok 3 yang terdiri atas priska,eka rahma dan veni mengaji lebih dalam tentang lingkungan biotik dan abiotik.
Pada presentasi ini diawali oleh veni yang menjelaskan tentang cahaya, fotoperiodisme, fototropisme,dll. Akan tetapi menurut saya, penjelasan veni hanya terpaku pada power point saja belum ada pengembangan dengan bahasa sendiri. Sehingga cakupan bahasannya kurang luas. Seharusnya tidak hanya membaca power point tetapi menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga mudah dipahami oleh audiens.
Penyampaian isi power point sudah cukup bagus, akan tetapi diharapkan bahwa pemateri agar lebih menguasai tentang materinya sehingga tidak terjadi kesalahan konsep atau kesalahan pengucapan yang mengakibatkan kesalahan arti.
Refleksi Kelompok 4
(ATMOSFER dan AIR)
            Pada kelomok 4 ini terjadi diskusi yang cukup menarik. Prensentasi yang disajikan oleh kelompok 4 ini mendapat beberapa pertanyaan dari audiens. Misalnya saja pertanyaan saudara tety tentang bagaimana pengaruh kebocoran dari lapisan atmosfer terhadap tumbuhan?. Disini sempat terjadi miskonsepsi antara pemateri dengan tety. Saudari tety menyebutkan lapisan atmosfer. Pemateri bingung dengan pertayaan yang dilontarkan saudari tety. Seperti yang kita tahu bahwa atmosfer terdiri dari beberapa lapisan, salah satunya adalah lapisan ozon yang dapat melindungi bumi dari sina UV langsung. Mungkin yang dimaksud atmosfer oleh saduari tety adalah lapisan ozon.
            Menanggapi pertanyaan saudari tety tentang pengaruh kebocroran ozon bagi tumbuhan, bahwa fungsi utama lapisan ozon adalah menyerap radiasi UV matahari yang berbahaya. Pada tumbuhan, menipisnya lapisan ozon akan mengakibatkan terganggunya proses fotosintesis yang selanjutnya menyebabkan turunnya laju pertumbuhan daun dan batang serta penurunan berat kering total sehingga hasilnya akan berkurang.

Prediksi : untuk kelompok yang akan presentasi minggu depan, yaitu kelompok 5 & 6 yang akan membahas tentang Faktor edafik (tanah) Faktor edafik (tanah), Topografi, Faktor lingkungan biotik dan interaksinya,. Dan materi yang akan disampaikan oleh kelompok 6 yaitu tentang POPULASI. Diharapkan kelompok 5&6 akan tampil lebih baik lagi dari kelompok sebelumnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar